Industri Hasil Tembakau

Perkenalan Orang Eropa dengan Tembakau

tembakau indian
Membunuh Indonesia
Ditulis oleh Membunuh Indonesia

Kehadiran Colombus di Amerika membawa orang Eropa berkenalan dengan tembakau, menghisap rokok dan cerutu. Fenomena baru ini mereka ketahui lewat orang Indian penduduk asli Amerika, yang jauh sebelum kedatangan Colombus telah merasakan nikmatnya mengunyah tembakau serta menghisap rokok dan cerutu.

Peristiwa bersejarah ini terjadi pada 1492 seusai Colombus dan rombongannya mendarat di Pulau San Salvador atau Pulau Watling, setelah sekian lama berlayar mengarungi Samudera Atlantik. Sewaktu mereka belayar kembali ke arah barat daya, mereka menjumpai sebuah perahu lesung orang Indian berisi muatan antara lain daun-daun kering yang di belakang hari dikenal sebagai tembakau.

Pemakaian tembakau sendiri untuk pertama kali dilihat oleh dua orang utusan yang dikirim Colombus ke pantai Kuba, atau menurut sejumlah sumber sejarah yang lain ke Hispaniola (Santo Domingo). Mereka bertemu banyak lelaki membawa kayu bakar dan bungkusan-bungkusan berisi daun penyembuh yang telah dikeringkan dan digulung di selembar daun kering.

Para lelaki itu menghisap gulungan daun tersebut sambil menerangkan, perbuatan mereka ini dapat menimbulkan kenikmatan, bisa membuat mereka mabuk dan mengantuk, namun juga bisa mengurangi kelelahan. Gulungan daun yang sungguh bermanfaat ini mereka sebut tobacco.

Demikianlah untuk pertama kalinya orang Eropa menemukan tembakau dan cerutu, yang hingga sekarang masih meninggalkan benteng utamanya di Kuba.

 

(Dari Amen Budiman dan Onghokham, Hikayat Kretek, Jakarta: KPG, 2016, h.1-2)

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar