Lain-Lain

Sengketa Lahan Petani Kampung Bongkoran dengan PT Wongsorejo

wongsorejo
Membunuh Indonesia
Ditulis oleh Membunuh Indonesia

Sengketa lahan kembali terjadi. Kali ini antara petani Kampung Bongkoran, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi dengan PT Wongsorejo hari Senin yang lalu (18/1).

PT Wongsorejo berencana akan mendirikan pos permanen di area warga petani Bongkoran, berada tepat di wilayah lahan sengketa. Kegiatan tersebut mendapat pengawalan ketat dari Polsek setempat, Polres Banyuwangi, TNI, dan juga dihadiri oleh Muspika Wongsorejo.

Sejak pagi pihak PT Wongsorejo mulai berdatangan ke lokasi. Puluhan orang mulai mengukur dan memasang patok. Pihak perusahaan PT Wongsorejo mulai akan mendirikan pos.

Dengan bantuan kentongan, masyarakat mulai berkumpul di sekretariat Organisasi Petani Wongsorejo Banyuwangi (OPWB). Sekitar 200 orang warga masyarakat kemudian bergerak ke lokasi pengukuran dan pemasangan patok.

Ibu-ibu yang tergabung dalam Organisasi Petani Perempuan Wongsorejo Banyuwangi (OPPWB) langsung menduduki lokasi yang sudah sejak 3 bulan yang lalu dipersiapkan oleh PT Wongsorejo.

Pihak PT Wongsorejo tetap melakukan kegiatan pengukuran dan pemasangan patok tanpa menghiraukan protes masyarakat. Keadaan memanas dan terjadilah bentrokan antara ibu-ibu warga dengan pihak perusahaan. Dua orang warga jatuh pingsan, Saypul Bahri (25) dan Ibu Samsul (50), langsung dilarikan ke UGD Wongsorejo.

Karena pihak kepolisian mulai kewalahan menghadapi protes warga, PT Wongsorejo menghentikan kegiatan. Negosiasi antara pihak PT Wongsorejo dengan masyarakat yang diwakili Yatno Subandio, pimpinan OPWB, mengakhiri bentrokan.

Hingga hari ini masih terjadi intimidasi yang dilakukan pihak perusahaan dengan menyebarkan pamflet untuk mengadu domba masyarakat.

Konflik penguasaan lahan di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Menghilangkan hak masyarakat atas tanah. Kebijakan serta paradigma pembangunan yang selalu berpihak kepada korporasi hanya melahirkan ketimpangan penguasaan lahan. Korporasi semakin masif mencaplok lahan. [S]

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar