Lain-Lain

Serbuan Tenaga Kerja Asing

buruh
Membunuh Indonesia
Ditulis oleh Membunuh Indonesia

Melambatnya roda ekonomi memberikan dampak bagi sektor ketenagakerjaan Indonesia. Dalam kurun satu tahun Badan Pusat Statistik mencatat adanya penambahan pengangguran sebanyak 300 ribu jiwa. Kini terdapat ribuan tenaga kerja asing masuk ke dalam negeri.

Berdasarkan data Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) per Januari 2014 hingga Mei 2015, ada 41.365 tenaga kerja asal Tiongkok yang mendapatkan izin kerja. Sektor yang banyak diisi tenaga kerja Tiongkok adalah perdagangan dan jasa sebanyak 26.579 orang, industri 11.114 orang, dan pertanian 3.672 orang.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri bidang tenaga kerja, Benny Soetrisno, mengatakan bahwa penerimaan tenaga kerja asing harus melalui pertimbangan khusus. Kualifikasi tenaga kerja asing harus sesuai dengan keahliannya dan sesuai dengan basis data ketersedian tenaga kerja Indonesia.

Pemerintah harus mengukur kualitas tenaga kerja berdasarkan sertifikasi profesi yang sudah dilakukan. Apalagi menjelang Masyarakat Ekonomi Asean ini akan ada liberalisasi tenaga kerja.

Aturan sertifikasi tenaga kerja asing harus diperketat. Apalagi pemerintah belum berhasil menyediakan dan melindungi lapangan kerja untuk rakyat Indonesia. [M]

 

Sumber gambar: Eko Susanto via Flickr

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar