Pangan

Sektor Pertanian Masih Lemah

labu
Membunuh Indonesia
Ditulis oleh Membunuh Indonesia

Sektor pertanian Indonesia merupakan sektor paling lemah menghadapi implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Banyak pihak memprediksi produk-produk hasil pertanian Indonesia akan tergilas dengan produk serupa dari negara lain.

Produk-produk pertanian Indonesia sulit bersaing. Meskipun masih ada 1-2 produk unggul, tapi secara umum masih sulit bersaing dengan produk pertanian dari negara lain. Salah satu faktor penyebab, kurangnya proteksi terhadap komoditi yang dihasilkan para petani lokal selama ini.

Menurut Guru Besar Bidang Ekonomi Institut Pertanian Bogor (IPB), Noer Azam Achsani, pemerintah harus belajar dari negara lain dalam memberikan perlindungan terhadap petani dan hasil produk pertanian. Contohnya, negara-negara Eropa memberikan subsidi domestik dan ekspor terhadap produk-produk pertanian mereka. Serta memberikan asuransi pertanian yang hingga kini belum ada di Indonesia.

Pemerintah selama ini masih abai dalam memberikan proteksi dan kesejahteraan terhadap para petani. Terbukti dari dominasi produk-produk impor yang kini merajalela di pasar lokal. Dominasi buah impor begitu besar. Pemerintah juga mengimpor beras dari Thailand sebesar 1,5 juta ton. Ketergantungan impor masih tinggi.

Keberpihakan pemerintah terhadap petani masih kurang. Negara mesti berperan total dalam melindungi produk pertanian. Petani merupakan kunci untuk mencapai swasembada pangan. [M]

 

Sumber gambar: pixabay

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar