Mineral

Warga Rembang Tantang Pembuktian Lapangan Soal Gua dan Sumber Air

rembang melawan
Membunuh Indonesia
Ditulis oleh Membunuh Indonesia

JMPPK Rembang – Kamis, 15 Oktober 2015 perwakilan warga Rembang yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) akan memberikan surat tantangan kepada sekretaris perusahaan PT Semen Indonesia, Agung Wiharto, dan ditembuskan kepada Presiden Joko Widodo, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Rembang, dan beberapa kementerian terkait dan dinas terkait di Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Rembang.

Adapun tantangan tersebut diberikan setelah munculnya pernyataan Agung Wiharto sebagaimana dimuat di Majalah Tempo pada 27 September 2015 yang menyatakan bahwa Gua Wiyu di Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang adalah lubang bekas tambang, bukan merupakan gua alam.

Joko Prianto, warga Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang menantang Agung Wiharto untuk melakukan pembuktian lapangan atas pernyataan tersebut. Sebagai dukungan terhadap upaya pembuktian tersebut, Kepala Desa Timbrangan dan tokoh agama KH. Mustofa Bisri (Gus Mus) ikut memberikan dukungan karena menyangkut pelestarian lingkungan.

“Kami siap melakukan pembuktian lapangan atas keberadaan gua, ponor, dan sungai bawah tanah di sekitar kawasan Cekungan Air Tanah Watuputih yang tidak disebut dalam dokumen Amdal PT Semen Indonesia, dan kami akan menunggu kedatangan pihak semen di tenda perjuangan tanggal 22 oktober 2015 dan nanti bersama-sama menuju lokasi yang dimaksud,” kata Joko Prianto.

Ia melanjutkan, surat tantangan itu akan diantar langsung ke kantor PT Semen Indonesia di Rembang dan dinas-dinas terkait di Kabupaten Rembang. Adapun surat untuk Presiden dan menteri-menteri terkait akan dikirimkan melalui Kantor Pos Indonesia.

“Upaya kami ini merupakan bentuk mencari keadilan dan kebenaran, selain itu sebagai upaya untuk membuktikan kecintaan kami terhadap kelestarian lingkungan. Pernyataan Agung Wiharto bahwa Gua Wiyu sebagai lubang bekas tambang itu perlu dibuktikan bersama biar tidak menjadikan fitnah untuk semua pihak.”

Mari kita buktikan di lapangan biar semua pihak tahu siapa yang tidak jujur, karena pembuktian ini bagian dari upaya untuk penyelamatan lingkungan.

Kontak Person: Joko Prianto (082314203339)

 

 

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar