Video

Sicko (2007): Kebobrokan Rezim Kesehatan

Sicko (2007) adalah sebuah film dokumenter yang menunjukkan kebobrokan industri kesehatan Amerika Serikat. Negara, perusahaan farmasi, dan perusahaan asuransi bersekongkol dalam membatasi akses masyarakat atas layanan kesehatan yang layak.

Menurut Sicko, 50 juta warga AS tidak terlindungi asuransi, sementara sisanya menjadi korban penipuan perusahaan asuransi. Film yang diproduseri oleh Michael Moore ini membandingkan sistem kesehatan AS yang berorientasi pada keuntungan dengan sistem kesehatan universal non-profit Kuba, Kanada, Inggris, dan Perancis.

Dalam Sicko, produser film Capitalism: A Love Story (2009) dan Fahrenheit 9/11 (2004) ini mewawancarai beberapa warga yang memiliki polis asuransi yang semestinya memadai untuk membiayai perawatan kesehatan mereka namun malah ditolak perusahaan asuransi. Dalam wawancara lain, seorang mantan pegawai perusahaan asuransi mengakui perusahaan asuransi kerap memberi bonus pada para ahli kesehatan di perusahaannya untuk merekayasa berbagai alasan untuk tidak membayarkan biaya perawatan medis yang diperlukan pada para pemegang polis.

Asal-usul sistem kesehatan AS yang berorientasi pada keuntungan, menurut Sicko, bisa dilacak ke dalam Health Maintenance Organization Act tahun 1973 yang disahkan Presiden Richard Nixon. Penelitian menyebutkan terdapat main mata antara Pharmaceutical Research and Manufacturers of America (PhRMA), sebuah lembaga pelobi kepunyaan perusahaan-perusahaan farmasi di AS, dengan dewan Kongres untuk menjamin sistem kesehatan AS tetap berorientasi pada keuntungan. Lembaga yang sama juga mencegah upaya Bill Clinton untuk mereformasi sistem ini pada 1990.

Film yang mendapatkan 93% rating positif dari kanal review film Rotten Tomatoes ini menunjukkan bagaimana Kuba, yang selama ini diibliskan AS, justru memiliki sistem layanan kesehatan universal yang sangat baik. Dalam film ditunjukkan dengan keterbukaan rumah sakit Hermanos Ameijeiras Hospital di Havana, Kuba, melayani pasien asal Amerika Serikat yang tidak dilayani negerinya sendiri meski berjasa menjadi relawan penyelamat saat insiden 9/11. Sistem kesehatan gratis yang diterapkan Kuba memberikan kemudahan bagi pasien yang hendak dirawat. Difilmkan dalam Sicko bagaimana untuk dapat perawatan rumah sakit para pasien cukup mengisi nama dan tanggal lahir tanpa perlu membayar uang muka perawatan ataupun syarat-syarat administrasi lain yang rumit.

Indonesia pun tidak lepas dari cengkeraman rezim kesehatan ini. Belum kasus-kasus malpraktik dan campur tangan rezim kesehatan dunia dalam mendikte perekonomian nasional.

Sicko membuktikan bahwa iblis sesungguhnya adalah negara yang terang-terangan melego kesehatan dan kesejahteraan warganya atas nama keuntungan finansial semata, karena jaminan atas kesehatan adalah hak semua warga di seluruh negeri. [F]

 

Sumber: youtube

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar