Video

Menyimak Peran CIA dalam Pembunuhan Indonesia 1965-66

Peristiwa seputar penculikan dan pembunuhan enam jenderal AD di Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1965 selalu dikelilingi oleh kontroversi. Soeharto dan para pendukung orde baru selalu mengkambinghitamkan Partai Komunis Indonesia (PKI) sebagai dalang Peristiwa G30S itu.

Dokumenter Shadow Play: Indonesia’s Year of Living Dangerously (Chris Hilton, 2003) ini merekonstruksi apa yang sebenarnya terjadi. Menunjukkan sejauh mana kekuatan Barat terlibat dalam upaya pembersihan anti-komunis yang akhirnya membunuh 1 sampai 3 juta manusia tak berdosa para anggota dan simpatisan PKI dan pengikut Presiden Soekarno.

Menggulingkan Presiden Soekarno dengan memanipulasi Supersemar, Soeharto menjadi penguasa terkorup selama puluhan tahun. Membuat Indonesia tunduk kepada negara-negara Barat bahkan sampai hari ini. Fitnah dan propaganda yang disebarluaskan para pendukung Soeharto untuk mengamankan kekuasaan orde baru sejak awal berdiri itu pun ternyata masih efektif pengaruhnya sampai hari ini.

Sebuah bukti nyata keterlibatan CIA dan pihak Barat yang sangat diuntungkan dengan penggulingan pemerintahan Presiden Soekarno dan pembersihan ideologi komunis di Indonesia.

 

Sumber: youtube

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar