Lain-Lain

Kabut Asap Akibat Pembukaan Lahan Perkebunan Besar

kebakaran hutan
Membunuh Indonesia
Ditulis oleh Membunuh Indonesia

Kabut asap akibat kebakaran hutan muncul di wilayah Indonesia setiap tahun. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut kabut asap muncul di beberapa wilayah Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Sulawesi.

Total 431 hotspot terpantau di seluruh Indonesia menurut satelit Terra dan Aqua dengan confidence > 80. Pulau Sumatera merupakan daerah hotspot yang sangat rapat. Sebanyak 341 titik berada di Pulau Sumatera sedangkan sisanya di beberapa pulau lain. Riau merupakan wilayah dengan dampak paling parah disusul Jambi dan Sumatera Selatan.

Kondisi kabut asap di beberapa wilayah sudah sampai tahap berbahaya dan sudah masuk kategori tidak sehat. Dari pembacaan alat pencatat indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang disebar di wilayah Riau, enam di antaranya mendapat angka polutan di atas 500 PSI yang merupakan kategori berbahaya. Rumbai, Petapaha-Kampar, Minas-Siak, Bangko, dan Libo-Roka Hilir merupakan enam wilayah polutan berbahaya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan penyebab utama kebakaran hutan bukan dari alam, melainkan faktor manusia itu sendiri. Itu sebabnya dia tidak ragu menyebutkan bahwa yang harus diperbaiki ialah aspek sosial. Sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan bahwa ada keterlibatan pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mendalangi pembakaran hutan untuk suatu kepentingan. Hal tersebut telah dibuktikan dengan ditangkapnya dua pelaku di Giam Siak Kecil.

Masyarakat yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja membakar hutan untuk pembukaan lahan-lahan perkebunan milik pemodal besar. Perusahaan-perusahaan perkebunan kelapa sawit banyak melakukan pembukaan lahan perkebunan baru dengan cara membakarnya. Kebakaran hutan bukan disebabkan dari alam. (M)

Sumber gambar: wikipedia

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar