Video

Gempuran Modal Internasional Membunuh Komoditi Unggulan

Video animasi pendek Indonesia Republik Kretek

Dengan gempuran modal dan politik lembaga-lembaga internasional, suatu saat kretek akan benar-benar hilang dari Indonesia. Tentang gempuran itu silakan baca: “Ternyata Ada Campur Tangan Asing Membunuh Pertembakauan Indonesia”.

Modus yang serupa juga pernah menimpa produk-produk nasional unggulan lainnya. Satu per satu menunjukkan pola yang sama. Berbekal vonis-vonis medis, perundang-undangan, dan lain-lain, mereka membunuh Indonesia. Ketergantungan kepada komunitas asing pun diciptakan.

Masa jaya kopra hancur akibat vonis yang menyatakan bahwa kopra mengandung lemak jenuh tinggi atau kolesterol jahat. Garam nasional bernasib getir dengan dalih yang sama. Pengalaman pahit dirasakan gula Indonesia dengan sistem perdagangan global yang merugikan. Karena tidak dilindungi, jamu yang merupakan potensi nasional tersisih oleh farmasi Barat. Komoditi minyak sawit, karet, dan pulp & paper Indonesia selalu dijegal Amerika.

Kini kretek sebagai salah satu produk kearifan lokal yang masih tersisa, terancam oleh dalih yang sama. Seharusnya bangsa Indonesia menjaganya, bukan membunuhnya. Yang diperlukan adalah keberanian, kepercayaan diri, dan keinginan yang kuat dari berbagai pihak di negeri ini untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdaulat dan bermartabat. [S]

Sumber video: youtube

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar