Pangan

Lima Hambatan Swasembada Pangan

irigasi
Membunuh Indonesia
Ditulis oleh Membunuh Indonesia

Ada lima masalah besar terkait rencana swasembada pangan: belum optimalnya jaringan irigasi,  benih, ketersediaan pupuk, tenaga kerja, dan penyuluhan program-program pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian, Momon Resmono, menguraikan masalah tersebut satu per satu.

Persoalan pertama, kerusakan infrastruktur jaringan irigasi kini mencapai 52%. Banyak irigasi baik primer dan skunder tidak tertangani dengan baik. Solusinya, kata Rasmono, skala prioritas perbaikan jaringan irigasi jadi prioritas revolusi anggaran Kementan, termasuk dari APBN Perubahan.

Masalah kedua terkait persoalan benih.Rrealisasi benih pada 2014 secara nasional kurang dari 20%. Anggaran yang disediakan pemerintah tidak terserap baik oleh petani.

Persoalan ketiga, ketersediaan pupuk disusupi distributor pupuk ilegal. Ini terjadi di enam wilayah produksi utama di Jawa Tengah. Distributor ilegal memasok petani dengan pupuk non subsidi sehingga merugikan petani.

Masalah keempat, berhubungan dengan persoalan penurunan jumlah tenaga kerja. Rata-rata setiap tahun ada 500 ribu rumah tangga petani yang beralih profesi. Pada tahun 2003, berdasarkan data Biro Pusat Statistik, ada sekitar 31 juta tenaga kerja di sektor pertanian, tetapi pada 2013 tinggal 26,5 juta.

Masalah kelima adalah penyuluhan program-program pertanian belum optimal. Persoalannya ada pada Perhiptani yang bertugas meningkatkan peran penyuluhan dalam mendukung program-program pertanian.

Saat ini baru persoalan infrastruktur irigasi yang sudah ditangani. Kementerian Pertanian menargetkan jaringan irigasi ke depan bisa mengairi 3 juta hektare lahan pertanian. Kementerian Pekerjaan Umum mendukung dengan memperbaiki 49 waduk termasuk jaringan irigasi primer maupun sekunder dengan anggaran mencapai Rp4 triliun tahun 2015.

Persoalan di atas dapat diselesaikan dengan melibatkan peran serta setiap pemerintah daerah dalam mendukung rencana swasembada pangan.

Sumber gambar: pixabay

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar