Pangan

Bahaya Apel Bakteri Amerika Serikat

apel
Membunuh Indonesia
Ditulis oleh Membunuh Indonesia

Kementerian Perdagangan memperketat impor apel segar Amerika Serikat sebagai tindakan pengamanan. Sebelumnya, Kementerian Pertanian Amerika (USDA) memberikan peringatan dini kepada pemerintah Indonesia soal dugaan bakteri berbahaya, Listeria monocytogene, dalam produk apel Granny Smith dan Gala. Peringatan ini terkait terefeksinya beberapa orang di AS pasca mengonsumsi produk olahan yang berbahan baku apel Granny Smith dan Gala pada 9 Januari 2015 lalu.

Sejauh ini 4 orang telah meninggal dunia akibat terinfeksi bakteri dari produk Candy yang diproduksi oleh Bidart Bros, Bakersfield, California, AS. Apel yang diproduksi perusahaan tersebut di antaranya diekspor ke pasaran di Asia, salah satunya Indonesia.

Peringatan dari pemerintah Amerika Serikat membuat Kementerian Perdagangan segera mengambil langkah untuk menghentikan impor apel tersebut. Sedangkan untuk produk yang sudah telanjur beredar akan segera ditarik kembali.

“Itu akan kita stop, akan ditarik dari peredaran. Sekarang lagi koordinasi,” ujar Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel, di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Di kesempatan lain, Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian (Kementan), Banun Harpini, justru menanggapi positif berita ini. “Ini momentum untuk mengonsumsi apel lokal, bahwa juga memberikan pemahaman apel impor yang kita anggap sehat dan bentuknya bagus, belum tentu sehat, ini momentum kita. Apel malang kita jauh lebih sehat,” kata Banun, Senin (26/1/2015).

Banun menambahkan, selama ini anggapan yang beredar di masyarakat Indonesia, kualitas apel impor lebih baik dan lebih sehat dari produk lokal. Namun, kasus ini telah membuktikan sebaliknya.

Seyogianya, kasus apel impor asal Amerika Serikat (AS) yang mengandung bakteri berbahaya ini menjadi momentum bagi konsumen di Indonesia untuk mengonsumsi produk apel lokal. Beberapa varietas apel lokal memiliki kualitas yang lebih baik dibanding apel impor, salah satunya adalah apel malang. Untuk menjamin keamanan pangan, sudah seharusnya pemerintah dan masyarakat mendorong kemajuan dan kemandirian pangan negeri sendiri.

Sumber gambar: pixabay

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar