Industri Hasil Tembakau

Nasi Goreng Tembakau Khas Temanggung

nasi-goreng-tembakau

Bagi masyarakat Temanggung, tembakau adalah segalanya. Bukan hanya sebagai identitas, tapi juga pemutar roda ekonomi serta kehidupan mereka. Karena itulah muncul beragam hal hasil olahan tembakau. Selain bahan baku utama pembuatan kretek, warga Temanggung ternyata juga mengkreasikan hasil bumi ini sebagai menu makanan.

Seperti yang dilakukan Rumah Makan Temanggung Bersenyum di Jalan MT Haryono, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Mereka memanfaatkan tembakau sebagai campuran menu nasi goreng. Menu ini diberi nama Nasi Goreng Mbako (bahasa Jawa dari tembakau).

Seperti namanya, ada unsur tembakau dalam menu ini. Tapi, bukan daun yang digunakan, melainkan bijinya. Kedai penjual nasi goreng mbako di Temanggung ini adalah satu-satunya rumah makan di Temanggung yang menjual nasi goreng dengan campuran rempah dan tembakau, atau lebih sering disebut Nasi Goreng Mbako.

Caranya, biji tembakau digoreng sangan atau digoreng tanpa minyak selama sekitar 15 menit, selanjutnya dicampur bumbu nasi goreng.

Aroma tembakau bisa tercium bahkan terasa di lidah saat nasi goreng ini disantap. Meski terasa pahit di lidah, Nasi Goreng Mbako memberikan sensasi yang berbeda dengan nasi goreng biasanya. Sangat khas dengan cita rasa yang unik. Jika mau, daun tembakau juga dapat ditaburkan di atas nasi saat dihidangkan.

Seporsi Nasi Goreng Mbako dibandrol Rp14 ribu. Jika ingin tambahan lauk berupa daging, harganya menjadi Rp19 ribu per porsi.

Nasi Goreng Mbako ini menjadi magnet bagi wisatawan yang tengah berkunjung atau melintasi Temanggung.

Selain nasi goreng, Rumah Makan Temanggung Bersenyum menyediakan menu di antaranya ayam goreng, nasi jagung goreng, dan berbagai kudapan. Jika beruntung, pada malam hari, Anda bisa memesan minuman penghangat tubuh semisal wedang uwuh, wedang jahe, juga wedang kunir asem.

Anda pun bakal betah di rumah makan ini lantaran interior dan penataan ruangan yang nyaman. Bahkan, ditata mirip rumah berkonsep lama. Terdapat foto-foto lawas dari Presiden Pertama RI Soekarno yang tengah menaiki sepeda serta foto-foto pemimpin Kabupaten Temanggung dari masa ke masa. Suasana yang pas dengan kuliner yang disajikan, tembakau memang sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia, tak terkecuali, Presiden Ir.Soekarno yang juga gemar menikmati tembakau lewat cerutunya.

Rumah Makan Temanggung Bersenyum bisa dicapai sekitar lima menit dari alun-alun Temanggung, atau 15 menit dari arah Parakan (Wonosobo). Tempat makan ini buka setiap hari, pukul 11.00 hingga 21.00.

Selain mengobati perut yang sedang lapar, zat yang terkandung dalam tembakau juga merupakan obat anti kanker. Kandungan zat dalam tembakau mereaksi protein dalam tubuh. Sehingga zat tersebut memisahkan tubuh dengan bakteri. Selain itu, zat tersebut dapat menstimulus sel untuk memulihkan jaringan tubuh yang rusak. Karena kandungan protein Cytokine yang juga dapat merangsang aktifnya sel kekebalan tubuh.

Fakta yang sangat kontradiktif dengan berita miring soal tembakau. Kampanye anti rokok sangat menyudutkan banyak pihak. Padahal, tembakau dapat mengobati perut yang sedang kelaparan sampai mengobati penyakit kanker yang sangat mematikan.

 

Sumber foto: netcj.co.id

Tentang Penulis

Harry S. Waluyo

Harry S. Waluyo

Penikmat kopi, pecinta harmonika

Tinggalkan komentar