Pangan

Harga Daging Sapi Melambung, Impor Daging Bukan Solusi

impor sapi

Minimnya pasokan daging sapi nasional membuat pemerintah memutuskan untuk melakukan kebijakan impor daging sapi. Kebijakan pemerintah tersebut untuk menstabilkan stok dan harga daging sapi dalam waktu singkat.

Pemerintah pada awal Juni memutuskan untuk mengimpor daging sapi dari Australia. Keputusan kebijakan impor daging sapi tersebut merupakan solusi jangka pendek. Untuk jangka panjang pemerintah seharusnya melakukan impor bibit sapi, bukan impor daging sapi.

Keinginan Presiden Joko Widodo agar harga daging sapi turun menjadi sekitar Rp80 ribu per kilogram setelah keran impor dibuka, masih belum membuahkan hasil. Muncul usulan dari berbagai pihak untuk menstabilkan harga daging sapi, tetapi Presiden Joko Widodo meyakini harga daging sapi mulai stabil pada pekan kedua Ramadan setelah daging impor itu didistribusikan. Tetapi nyatanya harga daging sapi di pasaran sampai sekarang tak kunjung turun, masih pada kisaran harga Rp115.000 hingga Rp120.000 per kilogram.

Pakar peternakan Universitas Gadjah Mada, Ali Agus, mengungkapkan bahwa impor daging sapi itu merupakan kebijakan jangka pendek dan tidak menyelesaikan masalah mengenai mengenai minimnya pasokan daging sapi nasional. Menurut Dekan Fakultas Peternakan UGM itu, selama ini pemerintah hanya mengandalkan kebijakan impor daging untuk menekan harga daging sapi di pasaran. Namun tidak melakukan kebijakan untuk menambah populasi sapi betina produktif. Dia mengatakan pemerintah perlu melakukan impor bibit sapi hidup untuk menambah jumlah populasi sapi. Harga daging sapi akan terus tinggi bila hanya dengan kebijakan impor daging sapi.

Daniel Johan, politisi Partai Kebangkitan Bangsa, termasuk yang meragukan kemampuan pemerintah untuk menurunkan harga daging sapi hingga sekitar Rp80.000. Jika belum menemukan solusi yang tepat dalam jangka waktu panjang, harga daging sapi di pasaran akan terus melambung.

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Syarkawi Rauf, mengatakan bahwa keputusan impor daging sapi harus dikelola dengan maksimal sehingga tujuan pemerintah menstabilkan harga daging sapi dapat tercapai.

Sementara itu harga sejumlah bahan pangan lainnya, seperti beras, bawang merah, gula, minyak, masih terus bergejolak. Kinerja pemerintahan Jokowi-JK masih dipertanyakan.

 

Sumber foto: Flickr

Tentang Penulis

Andika Tazaka

Andika Tazaka

Penyuka teks, gambar, dan pemandangan.

Tinggalkan komentar