Mineral

Masyarakat Kendeng Melaporkan Pabrik Semen

kendeng

Hari ini Senin, 14 Desember 2015, 30 warga yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) bersama warga Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, akan melakukan audiensi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Staf Keperesidenan RI. Mereka juga akan melaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi terkait tukar guling lahan yang dipaksakan untuk pertambangan semen di Rembang.

Pembangunan pabrik semen milik PT Semen Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, hingga saat ini masih menuai penolakan dan protes dari masyarakat setempat dan sekitarnya. Pada awalnya masyarakat tidak mengetahui rencana pendirian pabrik hingga alat-alat berat masuk di lokasi rencana tapak pabrik semen.

Masyarakat setempat dan sekitar pabrik tidak pernah dilibatkan secara sungguh-sungguh. Pihak pabrik semen selalu membantah hal tersebut dengan menunjukkan bukti dengan selembar kertas, tanpa didukung fakta lapangan yang sebenarnya. Termasuk data-data yang menjadi dasar pendirian pabrik semen.

Pembohongan dan manipulasi data dan fakta berikut dampak (sosial, ekonomi dan ekologi) yang sudah mulai dirasakan seperti konflik antar-warga, kerusakan lingkungan, dan ancaman krisis air, menjadikan masyarakat terus berjuang untuk membuktikan ketidakjujuran pabrik semen. Pabrik semen selalu berlindung di balik argumen dan dasar hukum legal formal, namun masyarakat tidak akan berhenti untuk mendapatkan haknya dalam memperjuangkan keadilan. Warga petani sekitar pabrik semen jelas paling dirugikan dan selalu menjadi korban dari dampak buruk berdirinya pabrik semen.

Selain itu, persoalan tentang tukar guling hutan yang telah melanggar aturan juga akan dilaporkan warga, sebab ada kebohongan dan pemaksaan. Perjuangan menjaga Kendeng adalah perjuangan menjaga bumi tetap lestari.[S]

 

Sumber gambar: JMPPK

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar