Lain-Lain

Australia Ingin Terlibat Lebih Jauh dalam Bisnis di Indonesia

sapi

Dua ratus perusahaan Australia dari 9 sektor bisnis bermaksud untuk berinteraksi dan membangun kesempatan komersial dengan pihak Indonesia.

Menteri Perdagangan Australia Andrew Robb akan datang ke Jakarta pekan depan membawa sekitar 200 pebisnis Australia. Ia beralasan, baru ada 260 perusahaan Australia beroperasi di Indonesia. Itu berarti hanya 1 perusahaan untuk tiap sejuta populasi di Indonesia.

Salah satu sektor yang sangat kuat dalam hubungan perdagangan kedua negara adalah ekspor-impor sapi. Kuota impor sapi Australia yang diberlakukan Indonesia naik-turun selama beberapa tahun ini. Hal itu disebabkan berlakunya sistem kuota impor sapi per tiga bulanan (kuartal) yang diterapkan pemerintah Indonesia.

Indonesia telah membeli ternak hidup dari Australia selama bertahun-tahun dan Australia butuh kepastian. Isu besarnya adalah bisakah Australia mendapatkan kuota tahunan?

Sebelum tahun 2015 memang ada kuota tahunan itu. Kuota tahunan memberikan kepastian bagi produsen atau peternak dan menjaga stabilitas harga.

Pertanyaannya, apakah mungkin pemerintah Indonesia memberikan kepastian kepada produsen Australia sekaligus kepastian kepada produsen dalam negeri? [S]

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar