Hasil Laut

Susi Usulkan Kepemilikan Asing Sektor Perikanan Hingga 100%

ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selama ini dikenal masyarakat berkat keberaniannya menindak tegas kapal asing yang masuk ke wilayah Indonesia tanpa izin. Dalam hal investasi Susi bersikap sebaliknya, dirinya mengusulkan kepemilikan asing hingga 100% pada sektor industri pengolahan ikan.

Wacana pembukaan kepemilikan asing hingga 100% di sektor industri pengolahan ikan untuk menarik banyak investasi. Susi menilai usulan menaikkan kepemilikan asing hingga 100% diperlukan mengingat selama ini para investor asing enggan membangun industri pengolahan ikan karena terhambat batas maksimal kepemilikan hanya sampai 40%. Susi menambahkan, semakin banyak pihak asing di industri pengolahan ikan maka akan terbuka lapangan pekerjaan bagi rakyat (11/9/2015).

Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menilai ada indikasi pembukaan kepemilikan asing penuh bukan hanya dalam sektor industri pengolahan ikan, tetapi juga dalam pengelolaan pulau-pulau kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana memberdayakan pulau-pulau terluar dengan menawarkan peluang kepemilikan atas 31 pulau terluar hingga tahun 2019 kepada investor asing.

Selama ini menurutnya, privatisasi dan komersialisasi sumber daya laut seperti investasi pulau-pulau kecil dan pembangunan hunian tepi laut banyak berlindung di balik kedok kawasan konservasi laut.

Privatisasi dan komodifikasi sumber daya laut semata-mata untuk kepentingan komersial telah menggusur keberadaan masyarakat pesisir dan menghilangkan akses mereka terhadap sumber-sumber penghidupannya.

Menurut data yang dihimpun oleh Pusat Data dan Informasi Kiara pada September 2015 tercatat sedikitnya 30 kabupaten/kota/provinsi di Indonesia menjalankan proyek reklamasi pantai untuk pembangunan hunian tepi laut. Di saat yang sama, pemerintah melalui KKP mendorong hadirnya investasi asing di 40 pulau-pulau kecil selama tahun 2015-2016.

Pemerintah melalui KKP seharusnya memprioritaskan keterlibatan masyarakat pelaku usaha perikanan skala kecil yang ada di 10.666 desa pesisir di seluruh Indonesia sesuai dengan kekhasan potensi yang dimiliki masing-masing daerah. Bukannya membuka selebar-lebarnya pintu investasi asing.

Tugas pemerintah adalah memfasilitasi, bukan menempatkan masyarakat sebagai kuli bagi bangsa-bangsa lain. [F]

 

Sumber gambar: wikipedia

Tentang Penulis

Membunuh Indonesia

Membunuh Indonesia

Redaksi Membunuh Indonesia mengumpulkan, mengarsipkan, dan memproduksi konten berupa artikel, dokumen, kajian ilmiah, dan sebagainya yang berkaitan dengan topik-topik ancaman kedaulatan ekonomi politik nasional.

Tinggalkan komentar